Thursday 28 May 2015

Contoh PTK Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 1 Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem tahun Pelajaran 2012/2013


Contoh PTK
Lengkapnya << Download
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
SISWA KELAS IV SEMESTER II
SD NEGERI 1 BUGBUG
KECAMATAN KARANGASEM
KABUPATEN KARANGASEM
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

oleh :
I Wayan Sanggri, NIM 1191035049
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  hasil belajar IPA  siswa kelas IV Semester II SD Negeri 1 Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem tahun Pelajaran 2012/2013 setelah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Number Head Together (NHT).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Bugbug tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 22 orang, dengan 10 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari tanggal 11 Maret sampai dengan 20 April 2013 Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Satu diklus terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Kemudian data dianalisis dengan tekhnik deskriptif  kuantitatif
Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar, pada siklus I rata-rata skor hasil belajar IPA sebesar 63,91 dan ketuntasan klasikalnya 54,54%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar IPA mengalami peningkatan menjadi 72,82 dan ketuntasan klasikalnya 90,91 %, dengan demikian pembelajaran pada siklus II tuntas.

Kata-kata kunci        : pembelajaran kooperatif, Tipe Number Head Together (NHT), hasil belajar.



ABSTRACT

This study aims to determine yield increase fourth grade students learn science Semester II SD Negeri 1 Bugbug, Karangasem district, Karangasem regency Lesson year 2012/2013 after the implementation of cooperative learning model type Number Head Together (NHT).
This research is Classroom Action Research (CAR) with the subject of this study is the fourth grade students of SD Negeri 1 Bugbug school year 2012/2013, which amounted to 22 people, with 10 men and 12 women. Classroom action research was conducted from 11 March to 20 April 2013. This study was conducted in two cycles. A cycles phase consists of preparation, implementation, observation and reflection. Data collected by the test method. Then the data were analyzed with descriptive quantitative techniques
The result is an increase in learning outcomes, in the first cycle average science achievement scores of 63.91 and 54.54% classical completeness. In the second cycle the average science achievement increased to 72.82 and 90.91% classical completeness, thus learning the second cycle completed.

Key words: cooperative learning, Type Number Head Together (NHT),
      achievements.

No comments:

Post a Comment