STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT
SD, MI, DAN SDLB
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Muatan seni budaya dan keterampilan
sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu
sendiri meliputi segala aspek kehidupan.
Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak
dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan
diberikan di sekolah karena keunikan,
kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik,
yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan
berekspresi/berkreasi dan berapresiasi
melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan
“belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran
lain.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki sifat multilingual,
multidimensional, dan multikultural.
Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara
kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran
dan berbagai perpaduannya.
Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi
konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis
unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung
makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi
terhadap beragam budaya Nusantara dan Mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap
demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam
masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan
pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan
anak dalam mencapai multikecerdasan yang
terdiri atas kecerdasan intrapersonal,
interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik,
naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan
spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.
Bidang seni rupa, musik, tari, dan
keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan
masing-masing. Dalam pendidikan seni dan
keterampilan, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang
tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan
kreasi. Semua ini diperoleh melalui
upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks
budaya masyarakat yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3.
Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat
lokal, regional, maupun global.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai
berikut.
- Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
- Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
- Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
- Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
- Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang
seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia.
Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang
seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan
diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran Keterampilan ditekankan pada
keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
1.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam
karya seni rupa dua dimensi
|
||
2.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri
|
2.2
|
Mengekspresikan
diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
|||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu
sederhana
|
3.2
|
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
|
||
3.3
|
Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam
lagu
|
||
4.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Memainkan
alat musik ritmis sederhana
|
4.2
|
Menyanyikan
lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
|||
Seni Tari
|
|||
5
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Menjelaskan simbol dalam seni tari
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang
terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
|
||
6.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari.
|
6.1
|
Menyiapkan
penyajian tarian pendek bertema tanpa
iringan
|
6.2
|
Menyajikan
tarian pendek bertema tanpa iringan
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
|||
Keterampilan
|
|||
7.
|
Membuat
benda yang dapat digerakkan oleh angin
secara sederhana
|
7.1
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
|
7.2
|
Merancang
benda yang dapat digerakkan oleh angin
dari bahan kertas
|
||
7.3
|
Membuat benda
yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
Keterangan
Simbol: makna yang dikandung. Misalnya merah adalah simbol
keberanian. Motif katak adalah simbol pemanggil hujan.
Gambar dekoratif: Gambar yang dimaksudkan sebagai
hiasan. Biasanya menggunakan motif
(tumbuhan, hewan, manusia)yang bentuknya diubah tetapi masih dikenal ciri
khasnya.
Gambar Imajinatif: Gambar yang bersifat hayalan. Gambar
imajinatif mengenai diri sendiri misalnya menggambarkan diri memiliki sayap
sehingga dapat terbang di angkasa.
Simbol Nada: Tanda atau lambang yang telah disepakati misalnya
penggunaan notasi balok atau angka dalam menyuarakan suatu bunyi nada (1 dibaca
sebagai nada do).
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan
oleh kostum, properti, tata rias atau gerakan.
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
8.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
8.1
|
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
|
8.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
|
||
9.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
9.1
|
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
mengenai alam sekitar
|
9.2
|
Memberi
hiasan/warna pada benda tiga dimensi
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
|||
Seni Musik
|
|||
10.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
10.1
|
Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
|
10.2
|
Menjelaskan makna ansambel
|
||
10.3
|
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
|
||
10.4
|
Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu
|
||
11
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
11.1
|
Memainkan
musik dalam bentuk ansambel dengan
alat musik ritmis sederhana
|
11.2
|
Menyanyikan
lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
|||
Seni Tari
|
|||
12
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
12.1
|
Menghubungkan
gerak, busana, dan perlengkapan dengan
simbol dalam seni tari
|
12.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang
terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
|
||
12.3
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang
terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
|
||
13.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
13.1
|
Menyiapkan
penyajian tarian pendek bertema dengan
iringan
|
13.2
|
Menyajikan
tarian pendek bertema dengan iringan
|
||
13.3
|
Mengadakan
pementasan perpaduan seni tari dan musik
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
|||
Keterampilan
|
|||
14
|
Membuat
benda yang dapat digerakkan oleh angin
secara sederhana
|
14.1
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
|
14.2
|
Merancang benda
yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
|
||
14.3
|
Membuat benda
yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
|
||
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
|
Keterangan
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum (busana),
properti (peralatan), tata rias atau gerakan.
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Untuk yang mencari Administrasi Seni Budaya dan Keterampilan Kelas III secara lengkap bisa di download di sini
No comments:
Post a Comment