Sunday 31 January 2016

Contoh Format PK Guru



FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU
Sebelum Pengamatan
NAMA GURU           : I Ketut Tinggar .SPd.Ek.

Tanggal
:  5 Nopember 2015
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
:Silabus,Kalender pend.,RPP,Prota,Promes,Agenda.Absen siswa,Daftar Nilai,AnalisisUH,ProgramPerbaikan.Pengayaan,KKM.Pemetaan SK/KD,Bahan ajar,Buku referensi,LKS ,Tugas Tersetruktur dan tidak ,Catatan guru untuk siswaDll
Tanggapan Penilai terhadap dokumen /keterangan guru yang mengacu dari rubrik perencanaanpembelajaran.
1.Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai kurikulum /silabus dan karakteristik peserta didik.
    a.Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang akan dicapai
    b.Tujuan pembelajaran sudah memuat gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya.
    c.Tujuan pembelajaran telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik
2.Guru menyusun bahan ajar secara urut ,logis,konstektual dan mutakhir
a.Bahan ajar sudah disusun dari sederhana ke kompleks,mudah kesulit,dari abstrak kekonkrit sesuai tujuan pembelajaran.
b.Kedalaman bahan ajar sudah sesuai dengan potensi peserta didikdari yang cepat,lambat dan motivasi tinggi dan rendah.
c.Bahan ajar dirancang sudah sesuai dengan silabus dan perkembangan ilmu pengetahuan
d.Bahan ajar tidak dirancang dengan sumber yang bervariasi. v
3.Guru merencanakan pembelajaran yang efektif
    a.Strategi,pendekatan,dan metode pembelajaran sudah relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
b.Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sudah dapat memudahkan pemahaman peserta didik.
c.Strategi dan metode yang dipilih belum sesuai dengan tingkat sikap, pengetahuan dan kinerja peserta didik.v
d.Setiap tahap pembelajaran perlu diberikan alokasi waktu untuk memperhatikan tingkat kesulitan materi dan kebutuhan belajar peserta didik.v
4.Guru memilih sumberbelajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi  pembelajaran.
a.Sumber belajar dan media sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai .
b.Sumber dan media sudah dapat dipakai untuk memudahkan pemahaman materi.
c.Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih belum sesuai dengan tingkat  perkembangan kognitif,afektif dan psikomotor peserta didik v
Pengamatan disepakati pada hari     5 Oktober 2015    jam ke..1,2.

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan ya)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

Nilai  .10.../14 x 100% =71,4%
Nilai = 3

Tindak lanjut yang diperlukan
Bahan ajar diusahakan dibuat dengan sumber yang bervariasi dan bukan dari satu buku refrensi saja.








FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU
Setelah Pengamatan
NAMA GURU              :I Ketut Tinggar SPd.Ek

Tanggal
: 5 Oktober 2015    
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
:LKS,Instrumen penilaian,Nilai hasil belajar,Analisis hasil belajar program remidi dan pengayaan dan daftar nama peserta didik
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Mengacu dari rubrik penilaian pembelajaran.
1.Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik.
a.Teknis dan jenis telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni test tulis,observasi dan penilaian hasil diskusi.
b.Alat evaluasi yang dirancang sesuai dengan kemajuan belajar yang akan diukur peserta didik.
c.Pemberian tugas masih minimal dalam satu semester 2 kali
d.Hasil analisis UH telah digunakan untuk program perbaikan dan pengayaan pelaksanaan pembelajaran.
2.Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan hasil belajar pesrta didik untuk mencapai tujuan seperti dalam RPP.
               a.Menggunakan teknik,kuis,lisan,tugas untuk memantau kemajuan belajar.
 b.Menggunakan teknik penilaian UH,UTS dan Semesteran.
 c.Menggunakan alat penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran.
 d.Belum menerapkan tugas terseruktur.
3.Guru memanfaatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan sebagai tindak lanjut penyusunan rangcangan pembelajaran selanjutnya.
a.Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi kd yang sedang dan sulit untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik.
b. Menggunakan hasil analisis penilaian untuk rancangan pembelajaran berikutnya.
c.Melaporkan kemajuan dan hasil belajar kepada orang tua,guru dan peserta didik untuk reflesi belajarnya.
d.Memanfaatkan hasil belajar secara efektif untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran.



 Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan ya)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

Nilai  9/12 x 100% = 75%
Nilai = 3








Tindak lanjut yang diperlukan:
Perlu adanya peningkatan bukti fisik hasil kerja anak dalam pemberian tugas tersetruktur maupun tidak tersetruktur/portofolio.





FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU
Lembar Pengamatan/Saat Pengamatan

NAMA GURU              : I Ketut Tinggar S.Pd.Ek

HARI/TANGGAL         :  5 Oktober 2015


Deskripsi Fakta



No
Deskripsi
Ya
Tdk
1
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
V

2
Guru mengabsen siswa yang tidak masuk
V

3
Guru menanyakan kesiapan belajar siswa
V

4
Guru menyampaikan topik pembelajaran
V

5
Guru menanyakan materi untuk mengaitkan materi berikutnya
V

6
Siswa menjawab pertanyaan guru
V

7
Guru mengajar dengan media
V

8
Guru menyampaikan SK,KD dan tujuan yang ingin dicapai setelah pembelajaran
V

9
Siswa memperhatikan penyampaian guru
V

10
Guru memperlihatkan media pembelajaran
V

11
Siswa memahami media yang disampaikan


12
Guru mengajukan pertanyaan terkait mdia dan mengkaitkan dengan sehari-hari
V

13
Siswa menjawab pertanyaan guru yang ada ubungannya dengan kehidupan

V
14
Guru menyampaikan pelajaran dari mudah kesulit
V

15
Guru membagi siswa dalam kelompok
V

16
Guru membagikan lks
V

17
Guru menjelaskan cara mengisi lks
V

18
Guru menulis dipapan  sebagai petujuk penting  dalam pengerjaan lks
V

19
Siswa berdiskusi dalam kelompok dan menjawab lks
V

20
Guru membimbing siswa dan penilian dalam diskusi
V

21
Guru menyuruh siswa menyampaikan hasil diskusi
V

22
Guru  menyuruh kelompok lain untuk mwnyampaikan

V
23
Semua kelompok menyampaikan hasil kerja
V

24
Kelihatan pembelajaran menyenangkan dan anak antosias

V
25
Guru membantu siswa dalam pembelajaran
V

26
Guru menyuruh semua kelompok agar tampil
V

27
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelas
V

28
Guru memberi penjelasan,tanggapan dan menambah penjelasan siswa
V

29
Siswa nampak mengerti penjelasan guru
V

30
Guru nampak menguasai kelas


31
Guru memberi cara untuk berdiskusi dengan baik
V

32
Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran


33
Guru menyampaikan hasil dan mengaitkan dengan dunia kehidupan
V

34
Guru memberi evaluasi
V

35
Guru memberi tugas
V

36
Guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya
V

37
Guru menutup pembeljaran
V

38
Guru mengakhiri dengan doa

V
39
Guru mengakhiri dengan tepat waktu

V
40












LEMBAR VERIFIKASI PENILAIAN   HASIL PENGAMATAN

Indikator Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator
Nomor Pengamatan
Hasil Penilaian
Ya
Tidak
1.   Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.   Melakukan apersepsi
    3,5,6
V

b.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan

4,6
V

2.   Guru menguasai materi pelajaran
a.   Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
9
V

b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan IPTEK, dan kehidupan nyata .
7,10,12

V
c.   Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
7,15
V

d.   Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
14,15
V

3.   Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
19.20
V

b.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut
15,16,17,20
V

c.   Menguasai kelas
30
V

d.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
12,13
V

e.    Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
31,33

V
f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
38

V
4.   Guru memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran

a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
7,10,16

V
b.   Menghasilkan pesan yang menarik
34
V

c.   Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
12.20,22
V

5.   Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
7,14,24
V

b.   Merespon positif partisipasi siswa
29
V

c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
29,32
v
v

d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
26,28
V

e.   Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
10,14
V

6.   Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancer
10,30
V

b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
19
V

c.   Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
34
V

7. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
33

V
b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan,                                         atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
35,36
V

Jika sudah sesuai pindahkan skor pada lembar berikut


LEMBAR PENILAIAN   INDIKATOR  KINERJA GURU

Indikator Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator
Hasil Penilaian
YYa  

Tidak
1.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.   Melakukan apersepsi
v

b.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
v

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
            4
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
2/2x100=100%
Nilai     4
2.      Guru menguasai materi pelajaran
a.   Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
v

b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .

V
c.   Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
v

d.   Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
V

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
             3
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
3/4x100=75%
Nilai  3
3.      Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai

V
b.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut
V

c.   Menguasai kelas
V

d.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
V

e.   Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
V

tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
V

f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
V

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
6
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
6/7x100=85,7%
Nilai    4
4.      Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran

V
b.   Menghasilkan pesan yang menarik
V

c.   Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
V

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
               2
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
2/3x100=66,7%
Nilai    3
5.      Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar

 V
b.   Merespon positif partisipasi siswa
V

c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
V

d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
V

e.   Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
V

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
              4
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4/5x100=80%
Nilai   4
6.      Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancer
V

b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
V

c.   Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
V

7. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

 V
b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
V

Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja
              4
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
4/5x100=80%
Nilai   4





















HASIL PENILAIAN KINERJA GURU

Nama guru yang dinilai: I Ketut Tinggar, S.Pd.Ek
                                                          
Periode penilaian
1 Januari s/d 31 Desember 2015
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun)
Semester
1
 Tahun
2014/2015
2015/2016
Semester
2
Kemajuan


NO

DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATORKIERJAGURU

NILAI
KINERJA
I
PERENCANAAN PEMBELAJARAN

1
Guru memformulasikan tujuan Pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
     3
2
Guru   menyusun     bahan   ajar   secara   runut,   logis,   kontekstual   dan mutakhir
     3
3
Guru   merencanakan   kegiatan   pembelajaran   yang   efektif
     4
4
Guru   memilih   sumber   belajar/   media   pembelajaran   sesuai   dengan materi   dan   strategi   pembelajaran

     3

Sub   Total   Nilai   Kinerja   Perencanaan   Pembelajaran
 13(26%)
II
PELAKSANAAN   KEGIATAN   PEMBELAJARAN   YANG   AKTIF   DAN   EFEKTIF

A
Kegiatan   pendahuluan

5
Guru   memulai   pembelajaran   dengan   efektif
      4
B
Kegiatan   inti

6
Guru   menguasai   materi   pelajaran
      4
7
Guru   menerapkan   pendekatan/strategi   pembelajaran   yang   efektif
      3
8
Guru   memanfaatan   sumber   belajar/media   dalam   pembelajaran
      4
9
Guru   memicu   dan/atau   memelihara   keterlibatan   siswa   dalam pembelajaran
      4
10
Guru   menggunakan   bahasa   yang   benar   dan   tepat   dalam   pembelajaran
      4
C
Kegiatan   penutup

11
Guru   mengakhiri   pembelajaran   dengan   efektif
      4

Sub   Total   Nilai   Kinerja   Pelaksanaan   Kegiatan Pembelajaran   yang   Aktif dan   Efektif
 27(13.5%)
III
PENILAIAN   PEMBELAJARAN

12
Guru   merancang   alat   evaluasi   untuk   mengukur   kemajuan   dan keberhasilan   belajar   peserta   didik
     4
13
Guru   menggunakan   berbagai   strategi   dan   metode   penilaian     untuk memantau   kemajuan   dan   hasil   belajar   peserta   didik   dalam   mencapai kompetensi   tertentu   sebagaimana   yang   tertulis   dalam   RPP
     3
14
Guru   memanfatkan   berbagai     hasil   penilaian   untuk   memberikan   umpan balik   bagi   peserta   didik   tentang   kemajuan   belajarnya   dan     bahan penyusunan   rancangan   pembelajaran   selanjutnya
     3

Sub   Total   Nilai   Kinerja   Penilaian   Pembelajaran
 10(30%)




TOTAL   NILAI   KINERJA   GURU
   50

KONVERSI   TOTAL   NILAI   KINERJA   GURU   KE   SKALA   100   (PERMENNEG PAN   RAN   RB   NO   16   TAHUN   2009,   PASAL   15)
89.3


KATEGORI   NILAI   KINERJA   GURU
Baik




LEMBAR PERSETUJUAN HASIL PENILAIAN KINERJA GURU







Nama Guru
:
Ni Nengah Asri Kusumawati, S.Pd



Status PNS
:
PNS



NIP
:
19800331 200801 2 010



Pangkat/golongan ruang/TMT
:
Penata /IIIc/



Jabatan Fungsional
:
Guru Dewasa



NUPTK
:



TMT sebagai guru
:
01 November 2003



TMT guru di sekolah ini
:




Periode penilaian
:
1 Januari s/d 31 Desember 2015



Unit Kerja
:
SMPN 4 AMLAPURA









Persetujuan

(Persetujuan ini hanya ditandatangani oleh penilai dan guru yang dinilai)







Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan mamahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam form ini dan menyatakan setuju. ditulis/dilaporkan dalam form ini dan menyatakan setuju.







Guru yang dinilai



Tanggal ,5  Nopember 2015





Penilai







Ni Nengah Asri Kusumawati, S.Pd
 NIP. 19800331 200801 2 010




Ni Ketut Yunianithi, S.Pd
NIP. 19650612 198901 2 003







































Lampiran 1D
 
 



FORMAT PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU KELAS/MATA PELAJARAN
a.       Nama                                                   : Ni Nengah Asri Kusumawati, S.Pd
b.      N I P                                                     : 19800331 200801 2 010
Tempat/Tanggal Lahir                                    : Karangasem, 31 Maret 1980
Pangkat/Jabatan/Golongan                 : Penata /IIIc/Guru Dewasa
TMT sebagai guru                              :  01 November 2003
Masa Kerja                                            :  10 tahun
Jenis Kelamin                                       : Perempuan
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi        : S1
Program Keahlian yang diampu         : Bahasa Inggris
c.       Nama Instansi/Sekolah                        : SMP Negeri 4 Amlapura
Telp / Fax         /e-mail                                      :
Kelurahan                                             : Bugbug
Kecamatan                                          : Karangasem
Kabupaten/kota                                   : Karangasem
Provinsi                                                : Bali


Nilai PK GURU Kelas/Mata Pelajaran

  50
Konversi nilai PK GURU ke dalam skala 0 – 100  sesuai Permenneg PAN & RM No. 16 Tahun 2009 dengan rumus

                                                        50/56 x 100 = 89,29
89,29
Berdasarkan hasil konversi ke dalam skala nilai sesuai dengan peraturan tersebut, selanjutnya ditetapkan sebutan dan persentase angka kreditnya

100%  Baik
Perolehan angka kredit (untuk pembelajaran) yang dihitung berdasarkan rumus berikut ini.

Angka Kredit satu tahun = (100( 4 +8)10) x (24/24) x 100/100
                                              4
19,5

Amlapura, 5 Nopember 2015
Guru yang dinilai
Penilai
Kepala Sekolah



No comments:

Post a Comment